Senin, 23 Juli 2012

Tarawih Pertama

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Marhaban ya ramadhan. Selamat datang bulan ramadhan. Mungkin itulah sepenggal kata yang terkenal di negeri kita tercinta ini ketika datang bulan penuh berkah (Bulan Ramadhan). Kali ini saya ingin menceritakan kisah-kisah unik,lucu,menghibur maupun mendidik. Yup, untuk kisah kali ini adalah tentang Tarawih Pertama.

Seperti biasa jika esok hari sudah tanggal 1 Ramadhan setiap umat muslim pasti melakukan salat Tarawih di masjid-masjid ataupun langgar(jawa). Dengan semangatnya saya berangkat ke masjid yang jaraknya dari rumah sekitar 500 meter. Walaupun negeri ini katanya hampir seluruhnya umat muslim tapi masih banyak juga yang tidak ikut salat tarawih. Ada yang alasannya "Eh, maaf gue ada kerjaan" ataupun "Eh, besok sudah puasa to ??". "Waduh Islam KTP nih pada" gumam saya dalam hati. Tapi itu semua kan urusan mereka sama yang diatas. :)


Nah lanjut ke cerita. Sesampainya di Masjid saya kemudian mengambil air wudhu. Ternyata waktu itu belum memasuki waktu salat Isya'. Setelah saya berwudhu saya lanjutkan perjalanan (waduh :D ) ke dalam masjid. Menempatkan diri di barisan paling depan. Tapi saya ditegur oleh seseorang di barisan belakang. 

"Mas, Mundur ke barisan belakang mas" suaranya lemah lembut dan tidak menyinggung perasaan saya. Lalu saya menjawab sambil tersenyum.
"Memang kenapa pak ? bukankah saya yang duluan di barisan depan ??"
"Mas, itu tempatnya saya mas. Kalo memang masnya mau disitu sudah siap jadi imam ? " katanya sambil tersenyum.

Eh, ternyata saya berada di barisan paling depan sendiri. Tempatnya imam. Haha saya cuma bisa tersenyum malu dan kemudian mundur ke barisannya makmum sambil berkata. 
"Oh, maaf pak Kyai. Hehehe " Sambil cengengesan.

Tapi belum selesai kisah saya. Nah setelah itu saya duduk besila sambil menunggu azan Isya'. Azan Isya' sudah bekumandang lalu semua membaca doa sesudah azan. Tapi saya heran setelah itu pada berdiri dan melakukan salat dua rakaat. Memang saya tidak tau itu salat sunah apa. Dan terlihat dibarisan depan saya sendiri lah yang tidak berdiri untuk salat sunah. Kemudian ada pemuda yang "Kelihatannya" alim disebelah saya berbisik kepada saya.

"Dek, Ayo berdiri. Salat sunah dulu ! " katanya dengan suara pelan

"Saya gak solat mas. Saya aja gak tau itu salat apa. Daripada nanti malah dosa soalnya gak tau solat apa. Ya mending saya diem nunggu salat Isya' berjamaah."
"Oh ya Mas. Emangnya mas tau solat apa??" Tanyaku pada pemuda itu.

Pemuda itu hanya diam dan tidak menjawab. Kemudian dia mengurungkan solatnya. Sepertinya dia sendiri juga tidak tau mau melakukan solat apa. Dan kemudian hanya saya dan pemuda itu yang di barisan terdepan tidak melakukan solat sunah karena ketidaktahuan tentang solat sunah tersebut.

Setelah solat Isya' dan Tarawih, pemuda itu bersalaman dengan saya sambil senyum. 

Nah demikian kisah saya pada Tarawih Pertama. Oh iya saya pernah mendengar sebuah pesan dari guru Agama saya di sekolah bahwa " Solat tanpa ilmu itu tidak ada gunanya, dan Ilmu tentang solat tanpa praktik harian solat juga tidak ada gunanya" 
Sekian dan semoga bemanfaat untuk kita semua. :D

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

*Seluruh kisah diatas hanya fiktif belaka. Jika ada kesamaan hanya kebetulan.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar